Sabtu, 02 November 2013

J-Pop atau K-Pop ?

Yossh, sekarang admin mau bahas soal perang dingin antara fan jpop dan kpop.
Untuk sekarang ane sih dukung Jpop (note : liat blog ini aja udah mencerminkan jpopers banget)
So kenapa saya perlu menulis ini ?
Karena pada awalnya saya adalah seorang K-Popers kelas berat !!!
Mulai dari ratusan lagunya, keluarin uang untuk beli poster, beli merchandise, sampe nangis gara gara ga bisa nonton konser suju. Well back to the topic. Sebenernya semua itu balik lagi ke selera masing masing, dulu saya adalah. V.I.P dan E.L.F
Ya, fans bigbang dan suju, bahkan saya sangat out of touch sama segala sesuatu yang berbau jepang. Waktu awal kelas 7 smp (sekarang kelas 9) saya ikut temen soal korea, terus jadi suka banget, saya seperti fangirl alay, kalo inget jadi malu sendiri. Sampe akhirnya akhir semester 1 waktu itu waktu classmeeting, di setel lagu akb48 heavy rotation yang sedang booming saat itu, bahkan waktu itu aku ga tau judul itu lagu apa, cuma tau "I want you, I need you , I love you.." dan bla bla bla, terus pas liburan aku di kasih tau sama saudaraku kalo itu lagu akb48 heavy rotation, pas nonton PV nya jujir aku dan saudaraku itu kaget, tapi kita calm down aja berpikir "itu jepang mungkin udah biasa" well dan memang sudah biasa. Sejak saat itu saya mulai hunting soal AKB, terus nemu blog yang banyak banget lagu jepangnya !! Lalu di buat lah blog ini, hehe. Lama kelamaan saya mulai bosan dengan kpop, dan sadar kalo saya ternyata tidak benar benar suka kpop, dan menemukan jpop sebagai jalan hidup saya sampai sekarang.

Yoossh kita mulai perbandingannya setelah pengantar yang OOT tadi --

Kalo soal visual mungkin banyak orang memilih kpop , mungkin karena mereka memiliki style mix and match
Tapi mereka meninggalkan budaya sendiri, ada westernized, terus mereka oplas !! itu tidak patut kita kagumi. Contoh snsd terutama jessica.
Memang longlegged woman.
Berbeda dengan jpop mereka tampil apa adanya mereka, dengan harajuku-nya. Dan poin plusnya mereka tidak oplas, mereka cantik itu asli. Ini bukan merendahkan kpop tapi itu realitas

Soal musik
Jpop memang memiliki banyak genre dan rata rata kadang ..., well sering monoton tapi mereka tetap laku ? Karena liriknya penuh makna. Orang jepang itu kalo bikin lagu ga main main. Memang kpop lebih easy listening, tapi kenapa mereka selalu ganti genre disetiap lagunya? Karena liriknya hanya itu itu aja , saranghaeyo dan bla bla (note : kata wajib). Kalo jpop temanya ga cuma cinta ada juga persahabaan, perjuangan , motivasi. Itulah kenapa aku lebih milih jpop.
Musik jpop lebih ngebeat dan ceria, soal pv lebih berkualitas karena punya jalan cerita berbeda dengan kpop yang paling cuma nampilin membernya ngedance di ruangan kosong oblong

Memang soal pangsa pasar lebih unggul kpop, karena memang mereka fokus ke internasional berbeda dengan jpop yang fokus di negaranya sendiri. Tapi kpop sangat sulit memasuki pangsa pasar jepang, karena mereka kurang memedulikan kualitas musik, lebih ke visual.
Sementara jpop lebih mementingkan kualitas musik di bandingkan penampilan buktinya : sekalipun tidak berparas bagus tapi mereka tidak oplas.

Coba kita bandingkan

Suju dan arashi
Mereka sama sama boyband
Tapi anggota arashi ga ada yang oplas, mereka murni cakep cakep contoh : nino , jun dan sho.
Kalo suju ? Okelah mereka cakep tapi masa laki laki oplas ? Dari segi musik suju memang menang soal genre, tapi soal kualitas dan lirik ? Suju maaf aja deh

Terus SNSD dan AKB48

Snsd 9 orang yang kira kira kurang 7 orang yang kawaii, paling yang kawaii cuma yoona, taeyon , jessica , yuri , sunny
Siapa lagi ya ?? Yang gak oplas paling cuma yoona.
Coba bandingkan dengan akb48 yang kawaii lebih dari 9 dan aku bisa sebutkan semua itu
-atsuko maeda (graduated)
-oshima yuko
-watanabe mayu
-shinoda mariko
-itano tomomi
-kojima haruna
-takahashi minami
-kashiwagi yuki
-minegishi minami
-kawaei rina
-takajo aki
-miyazaki miho
-sasshihara rino
-oota aika
-ono erena (graduated)
-oku manami (graduated)
-oshima mai (graduated)
-rena matsui (SKE)
-jurina matsui (SKE)
-Kumi Yagami (SKE graduated)

Well , lebih dari 9 kan ?
Termasuk anggota graduated dan ske yang sering muncul di AKB.
Dan mereka tidak oplas, itu yang aku banggakan dari jpop dan aku sudah menyebutkannya 3-4 kali bukan ?

Yoossh segitu aja deh, aku hanya meyampaikan uneg uneg penyesalanku yang pernah suka kpop, dan aku sadar kpop itu hanyalah tiruan musik barat yang tidak kreatif.
JPOP always on my mind.
Two thumbs up for JPOP

So, kpopers jangan marah, saya juga berpikir pasti ada kpopers yang membuat tulisan semacam ini yang membela kpop.
Ganbarou yo..

Dan saat ini akb48 dan arashi adalah idol yang tengah merajai selera ku...

Hidup AKB48
Hidup Arashi

Hidup JPOP

Sekarang kenapa aku bisa menjadi sangat sangat menyukai AKB48 ?

Karena perjuangan mereka...
Perjuangan menjadi idol di jepang lebih sulit dibandingkan korea, karena jepang sangat mementingkan kualitas dan di sana idol group juga sangat banyak..
Terutama dark period akb48 nyesek banget, coba aja cari tribute nya atau nonton documentary nya.
Salut banget sama mereka, mereka bisa bertahan sampai sekarang, terutama para anggota pioneer seperti acchan, takamina, tomochin , nyannyam , miichan , maimai. Dll
Perjuangan mereka yang meluluhkan hati saya.
Saya sampai nangis.
Tapi akb48 itu memang hebat, walaupun saya cewek saya ngefans sama mereka. Two thumbs up

Sayonara minna ^^

4 komentar:

  1. kalo aku sendiri lebih memilih kpop haha..
    oke la kalo masalah muka Jpop lah ya, cuma kalo menurut aku Kpop tuh lebih fresh gimana gitu wkwk, dan jangan salah lo, setiap entertaiment di korea pasti bakal ngelatih rookiesnya bertahun tahun ampe mateng pol, malah ada yg di bawah naungan sm entertaiment dari umur 13, baru debut umur 18 tahun, karena mereka dilatihnya mateng banget >.< *EAK

    gimana2 juga selera orang beda beda ya, susah.. *EAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya iya i know wkwkwk, aku juga dulu K-Popers kokkk.. cuma alih jalan aja
      emg kalo rookies di latih sampe mateng, tp Jepang juga gitu koo, saya ambil contoh arashi mereka di latih dari 14 tahun (kayaknya) , trs thn 1999 bru debut wkwkwk. ya emang kalo soal selera beda - beda yahh wkwkwk. nice comment bruh.

      Hapus
  2. Klo aku kecewa sma korea bru sadar di dramanya karena kebanyakan sama kayak film jepang.... Itazura naa kiss di ganti judul doang naughty kiss... Hana kimi... Nodame cantabell dan masih banyak lg... Jd terkesan ga kreatif... Itu yg bikin aku kecewa sama korea🏠🏪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Well, jangan kecewa dulu wkwkwk, mungkin mencari insipirasi (?) emang sih aku jg blm pernah denger ttg drama jepang yg ambil dari korea.. tp ada jg drama korea yg bagus kok. Misal. Pasta , Cruel Temptation.
      anyways.. thx for comment.

      Hapus

Karena berhubung saya masih pelajar
jadi mungkin saya tidak sempat membalas
komentar, jadi maaf kalo di balas dalam waktu
yang cukup lama